Fenomena Perubahan perekonomian di Indonesia

A
Alas Pikir
Fenomena Perubahan perekonomian di Indonesia dewasa ini membawa pengaruh terhadap pasar aset-aset (financial market) hal ini akan mempengaruhi semua keputusan yang diambil perusahaan, khususnya dalam menentukan ramuan pembelanjaan (financing mix). Karena itu, perlu diadakan
tinjauan ulang terhadap proporsi pembelanjaan pendanaan.
Dengan mengetahui tingkat biaya minimum dari sumber-sumber pembelanjaan, perusahaan dapat menentukan struktur modal yang tepat yang selanjutnya menjadi dasar dalam penilaian kebijaksanaan pembelanjaan perusahaan dalam penyusunan perencanaan sehingga keputusan yang diambil dapat berada dalam kondisi yang lebih baik dan rasional.
Dalam penentuan pembelanjaan perusahaan, terdapat dua alternatif yang dapat ditempuh dimana setiap alternatif diikuti pula oleh sejumlah kewajiban sebagai imbalan atas pemanfaatannya. Alternatif tersebut yaitu apakah sumber pembelanjaan akan didominasi oleh modal sendiri atau pinjaman jangka panjang. Tentu saja dalam pemilihan sumber pembelanjaan tersebut harus diperhitungkan syarat-syarat keuntungan bagi perusahaan, apabila perusahaan ingin menggunakan pinjaman jangka panjang, maka manajer perusahaan harus membandingkan antara titik bunga yang diberikan oleh kreditur dengan tingkat hasil yang akan diperoleh dari penggunaan pinjaman jangka panjang tersebut.
A. Jenis-Jenis Sumber Pembelanjaan
Sumber pembelanjaan atau sumber dana perusahaan sering diklasifikasikan ke dalam 3 jenis yaitu :
Sumber dana jangka pendek
Sumber dana jangka menengah
Sumber dana jangka panjang
Walaupun pengklasifikasian jenis sumber dana ini tidak baku dan mungkin kurang tepat, namun pada kenyataannya sering digunakan oleh para praktisi seperti bank menggolongkan kreditnya menjadi kredit jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.
Sumber dana jangka pendek sering diartikan sebagai sumber dana perusahaan yang masa pembayarannya kurang dari atau maksimal satu tahun. Sumber dana jangka menengah merupakan sumber dana perusahaan yang masa pengembaliannya antara satu tahun sampai lima tahun, sedangkan sumber dana yang masa pengembaliannya lebih dari lima tahun disebut sebagai sumber dana jangka panjang. Pengelompokan sumber dana ini biasanya berdasarkan matching principle, artinya sumber dana jangka pendek sebaiknya digunakan untuk keperluan jangka pendek, demikian pula dengan kebutuhan dana jangka panjang sebaiknya dipenuhi dengan sumber dana jangka panjang.
B. Sumber Dana Jangka Pendek
Sumber dana jangka pendek didalam perusahaan biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja. Dana jangka pendek ini bisa dikelompokkan ke dalam dua jenis yakni (a) pendanaan spontan dan (b) Pendanaan tidak spontan.
Pendanaan Spontan
Pendanaan spontan merupakan sumber dana yang mengikuti perubahan aktivitas perusahaan, apabila aktivitas perusahaan berubah, maka jumlah dana spontan ini juga ikut berubah. Contoh pendanaan spontan yang banyak dimiliki oleh perusahaan adalah hutang dagang. Sudah lazim bahwa pembelian yang dilakukan oleh perusahaan pembayarannya dilakukan beberapa waktu sesudahnya. Misalnya perusahaan melakukan pembelian bahan dengan jangka waktu pembayaran 2 bulan, apabila dalam setahun melakukan pembelian sebanyak Rp. 2.400.000.000,- maka rata-rata hutang dagangnya adalah:
Rata-rata hutang dagang= Pembelian/(Perputaran hutang) Dengan demikian jumlah hutangnya adalah sebesar :
Rata-rata hutang dagang= 2.400.000.000/6 = Rp. 400.000.000
Apabila pembelian bahan meningkat 25%, sehingga menjadi 25%, sehingga menjadi Rp. 3.000.000.000,- maka rata-rata hutangnya menjadi Rp. 3.000.000.000/6 = Rp. 500.000.000,-. Dengan demikian jumlah hutang yang merupakan dana spontan ini mengikuti perubahan aktivitas pembelian, yakni pembelian meningkat 25% mengakibatkan hutang meningkat 25%. Perubahan jumlah hutang tersebut sering tidak memerlukan negosiasi yang rumit, bahkan secara alami tanpa kesepakatan lagi.
Seringkali untuk mendorong agar pembeli segera membayar hutangnya, perusahaan member persyaratan pembayaran, misalnya syarat 3/10 – n/30 artinya akan diberikan diskon 3% bila dibayar selama 10 hari dan jatuh temponya selama 30 hari. Memang hutang dagang ini merupakan sumber dana yang tidak dibebani biaya, tetapi sebenarnya mengandung opportunity cost dari pembayaran tunai. Dengan demikian perusahaan dihadapkan pada alternatif membayar dalam masa diskon atau membayar saat jatuh tempo. Perusahaan perlu mempertimbangkan untuk mengambil diskon dengan mmepertimbangkan suku bunga pinjaman. Bila tingkat suku bunga peinjaman lebih kecil dibanding dengan diskon yang diberikan, maka potongan tunai tersebut bisa diambil.
Pendanaan Tidak Spontan
Pendanaan tidak spontan merupakan sumber dana yang apabila diinginkan berubah (bertambah atau berkurang) memerlukan proses negosiasi. Sumber dana ini memerlukan perjanjian formal untuk memperolehnya seperti dengan bank, lembaga keuangan bukan bank, atau perusahaan lain. Adapun ciri-ciri dari pendanaan spontan ini adalah:
lockquote>- Direncanakan terlebih dahulu dan dinegosiasikan, tidak berfluktuasi secara spontan dengan tingkat aktivitas.
lockquote>- Saat pinjaman cair, biasanya perusahaan mendapatkan uang tunai lockquote>- Beban bunga pinjaman terlihat secara eksplisit.
Sumber dana tidak spontan ini antara lain adalah:
Hutang Bank
Kredit Modal Kerja adalah kredit yang diberikan oleh bank kepada perusahaan dalam rangka memenuhi kebutuhan modal kerjanya. Kredit yang digunakan untuk modal kerja yang sering diberikan oleh bank adalah kredit rekening Koran. Kredit rekening Koran ini dibeikan dengan plafon tertentu dan bunga yang dikenakan berdasar atas jumlah dana yang diambil, bukan dari jumlah plafon kredit.
Kredit Usaha Kecil (KUK) merupakan kredit yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang berskala kecil. Kredit ini diberikan guna membantu para pengusaha kecil, dan diatur oleh pemerintah bahwa setiap bank diwajibkan untuk menyalurkan kreditnya minimal 20% kepada pengusaha kecil. Adapun batas maksimum pemberian kredit KUK ini sesuai dengan kriteria yang disusun oleh Bank Indonesia.
Commercial Paper
Commercial paper merupakan surat hutang yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk memperoleh dana jangka pendek dan dijual kepada investor yang melakukan investasi di pasar uang. Pada dasarnya commercial paper merupakan surat hutang yang tidak disertai dengan jaminan, tetapi biasanya untuk menumbuhkan kepercayaan investor selalu di back-up oleh bank. Apabila perusahaan yang menerbitkan commercial paper tidak mampu membayar maka bank yang memback-up ini nantinya mempunyai kewajiban untuk membayar kepada investor.
Bagi perusahaan yang menerbitkan commercial paper ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu (1) tingkat bunga commercial paper lebih rendah dibanding dengan suku bunga kredit dari bank, sehingga biaya dananya menjadi lebih rendah, (2) tidak perlu menyediakan jaminan, (3) penerbitannya relative lebih mudah karena pada prinsipnya hanya melibatkan penerbit dari investor, dan (4) fleksibel karena bisa di roll-over atas penjualan investor.
Pembayaran bunga commercial paper ini biasanya dilakukan dimuka atau dengan system diskonto. Dengan demikian dana yang dibayarkan oleh investor akan lebih kecil dibanding dengan nilai nominalnya. Formulasi yang biasa digunakan untuk menentukan berapa nilai yang akan dibayarkan oleh investor adalah:
P_0= (Nilai Nominal x 360)/(360+(tk.diskonto x hari diskonto)
<
C. Sumber Dana Jangka Menengah
Sumber dana jangka menengah biasanya antara satu tahun sampai empat atau lima tahun, dan lebih lima tahun masuk sumber dana jangka panjang. Yang termasuk dalam kelompok sumber dana jangka menengah antara lain adalah leasing dan kredit bank berjangka maksimal lima tahun.
Leasing (Sewa Guna)
Menurut keputusan bersama Menteri Keuangan, dan Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Pengertian Leasing adalah kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang modal untuk digunakan oleh perusahaan untuk jangka waktu tertentu, berdasarkan pembayaran-pembayaran berkala disertai dengan hak pilih bagi perusahaan tersebut untuk membeli barang-barang modal yang bersangkutan atau memperpanjang jangka waktu sewa guna usaha berdasarkan nilai sisa yang telah disepakati.
Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa obyek pembiayaannya adalah barang modal, hak kepemilikan barang modal ada pada perusahaan leasing, dan perusahaan yang menyewa mempunyai hak untuk membeli barang modal atau memperpanjang masa sewa apabila masa kontrak habis. Dalam transaksi leasing, ada tiga pihak utama yang terkait yaitu:
Lessor yaitu perusahaan yang memberikan pembiayaan dalam bentuk leasing, dan lessor inilah yang mempunyai hak kepemilikan atas barang modal
lockquote>- Lessee adalah perusahaan yang memanfaatkan jasa leasing lockquote>- Supplier merupakan perusahaan yang menjual barang modal.
Ada tiga bentuk utama dari transaksi leasing yaitu :
Direct financial lease
Leasing bentuk ini adalah apabila lessee mengadakan penjanjian sewa guna usaha atas aktiva tetap, dimana kepemilikan aktiva tetap masih ada pada lessor. Lesse mempunyai hak untuk memilih apakah nanti setelah habis kontrak akan membeli aktiva tetap yang bersangkutan atau akan memperpanjang masa sewa gunanya, atau bahkan menghentikan masa sewa. Namun demikian, yang mengadakan pemilihan aktiva adalah lessee.
Sale and lease back
Leasing bentuk ini terjadi apabila suatu perusahaan mempunyai aktiva tetap, tetapi untuk membiayai operasinya tidak mempunyai dana, sehingga aktiva tetap tersebut dijual kepada perusahaan leasing yang kemudian disewa lagi oleh perusahaan. Dengan demikian perusahaan mempunyai dana untuk modal kerja, dan masih bisa memanfaatkan aktiva tetapnya untuk mendukung proses produksinya.
Leverage Lease
Seringkali karena nilai barang modal yang akan dibiayai oleh lessor sangat besar, lessor tidak mampu menyediakan dana secara mandiri. Untuk itu lessor memerlukan lembaga lain seperti bank atau lembaga keuangan lainnya untuk ikut membiayai. Leasing seperti ini disebut sebagai leverage lease, dan bagi lessee leasing bentuk ini tidak ada pengaruhnya sama sekali dan tidak ada bedanya dengan leasing bentuk direct financial lease.
Pembayaran Sewa
Yang perlu dipertimbangkan oleh perusahana dalam memanfaatkan pembiayaan leasing adalah pembayaran angsuran sewa leasing. Ada dua cara dalam menentukan pembayaran sewa leasing:
Payment in Advance
Merupakan angsuran sewa leasing yang dibayar dimuka, yaitu pembayaran sewa leasing yang pertama dibayarkan saat perjanjian leasing ditandatangani.
Misalnya perjanjian leasing dilakukan tanggal 1 Februari 2000, maka angsuran sewa pertama dibayarkan tanggal 1 februari 2000. Sedangkan formulasi yang digunakan untuk menghitung besarnya angsuran adalah:
S= ({(Nb-Ns) (1+i)^(n-1) } i)/((1+i)^n- 1)
Dimana :
S = Besarnya sewa
Nb = Nilai barang modal
Ns = Nilai sisa
I = Tingkat bunga
N = Jumlah periode
Payment in Arrears
Merupakan pembayaran sewa dibelakang yaitu angsuran sewa yang pertama dibayar dibelakang satu periode angsuran setelah perjanjian. Misalnya perjanjian ditandatangani tanggal 1 Februari 2000, dan angsuran dilakukan secara bulanan, maka pembayaran angsuran sewa yang pertama dilakukan pada tanggal 1 Maret 2000. Untuk menghitung besarnya angsuran sewa dapat digunakan rumus:
S= ({(Nb-Ns) (1+i)^n } i)/((1+i)^n- 1)
Pembayaran sewa dapat dilakukan secara bulanan, kuartalan, maupun semesteran. Bila pembayaran dilakukan secara kuartalan atau semesteran maka tingkat bunganya dapat dihitung dengan menggunakan simple interest rate atau compound interest rate sesuai dengan perjanjian.
Bila digunakan simple interest rate maka bunga dihitung dengan cara membagi suku bunga setahun dengan jumlah periode. Misalnya suku setahun 24% maka bunga diperhitungkan:
Kuartalan = 24%/4 = 6%.
Semesteran = 24%/2 = 12%
Bila bunga dihitung dengan compound interest (bungan berbunga), maka bunga yang diperhitungkan bisa dicari sebagai berikut:
C = {(1 + I)n – 1} x 100%
Dimana :
C = Compound interest rate
i = Tingkat bunga dalam satu periode angsuran
n = Jumlah periode
dari contoh di atas, maka suku bunga dapat dihitung untuk masing-masing masa angsuran sebagai berikut:
Kuartalan : suku bunga 24% jumlah periode 3 (1 kuartal = 3 bulan)
Tingkat bunga = {(1 + 0,24/12)3 – 1} x 100%
= 6,12%
Semesteran : jumlah periode 6
Tingkat bunga = {(1 + 0,24/12)6 – 1} x 100%
= 12,62%
Sumber Dana Jangka Panjang
Sumber dana jangka panjang bisa diperoleh dari hutang bank, menerbitkan obligasi, dan bisa juga dengan mengeluarkan saham.
Hutang Jangka Panjang
Hutang jangka panjang yang diperoleh dari bank memerlukan perjanjian formal dengan persyaratan yang cukup ketat. Bank akan mengevaluasi kelayakan perusahaan yang akan mengambil kredit dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip perkreditan yang lazim digunakan untuk analisis kredit.
Biaya-biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan atas pinjaman jangka panjang ini adalah :
Biaya bunga
Biaya notaris
Biaya provisi
Biaya komitmen.
Analisis Kuantitatif Hutang Jangka Panjang Dalam menganalisis hutang jangka panjang, maka perlu menghitung Net Present Value (NPV) pinjaman yakni selisih antara jumlah penerimaan pinjaman dengan present value atas pembayaran yang dilakukan. Jika pembayaran dilakukan secara periodik, maka NPV dapat dihitung sebagai berikut:
NPV Pinjaman= P_0- ∑_(t=1)^0▒〖r/((1+i)^n )+ P_n/((1+i)^n )〗
Dimana :
P¬¬o = Jumlah Pinjaman
r = Jumlah Bunga Pinjaman
i = Tingkat Bunga Umum
Pn = Pembayaran Pokok Pinjaman
Rumus di atas bisa disederhanakan menjadi:
NPV Pinjaman= P_0- [r{((1+i)^n-1)/(i (1+i)^n )}+ P_n {1/((1+i)^n )} ]
Kesimpulan
Jenis-Jenis Sumber Pembelanjaan
Sumber dana jangka pendek
Sumber dana jangka menengah
Sumber dana jangka panjang
Sumber Dana Jangka Pendek
Pendanaan Spontan
Pendanaan Tidak Spontan
Sumber dana tidak spontan ini antara lain adalah Hutang Bank
Commercial Paper
Sumber dana jangka menengah biasanya antara satu tahun sampai empat atau lima tahun, dan lebih lima tahun masuk sumber dana jangka panjang. Yang termasuk dalam kelompok sumber dana jangka menengah antara lain adalah leasing dan kredit bank berjangka maksimal lima tahun
Pengertian Leasing adalah kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang modal untuk digunakan oleh perusahaan untuk jangka waktu tertentu, berdasarkan pembayaran-pembayaran berkala disertai dengan hak pilih bagi perusahaan tersebut untuk membeli barang-barang modal yang bersangkutan atau memperpanjang jangka waktu sewa guna usaha berdasarkan nilai sisa yang telah disepakati.
Sumber dana jangka panjang bisa diperoleh dari hutang bank, menerbitkan obligasi, dan bisa juga dengan mengeluarkan saham. Biaya-biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan atas pinjaman jangka panjang ini adalah :
Biaya bunga
Biaya notaries
Biaya provisi
Biaya komitmen
DAFTAR PUSTAKA
Sutrisno. 2001. Manajemen Keuangan, Teori, Konsep dan Aplikasi. Jogyakarta. Ekonisia Fakultas UII Jakarta.

Comments

  1. Kabar Baik, Setiap Satu. Nama saya Aris Setymin Dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova Rumania, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, saya pernah menjadi miskin wanita tapi dia telah berubah saya untuk orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

    Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp98,700,500, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi aku memutuskan untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja pinjaman diterima secara online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama CYNTHIA JOHNSON yang merupakan CEO dari Cynthia Johnson Pinjaman Perusahaan.

    Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman ($520,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat lisensi kesepakatan dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disetorkan ke rekening bank saya.

    Jadi saya ingin saran siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkati dia dan keluarganya untuk hal-hal baik yang telah dilakukan di hidupku. Anda juga dapat menghubungi saya di arissetymin@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya: ladymia383@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia.

    ReplyDelete
  2. Apakah y ou mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, hutang pinjaman konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan, modal usaha, dll .. Atau harus Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat suku bunga rendah dan terjangkau 2%. Manfaat. Silahkan hubungi kami melalui e-mail Lucysmithloanfirm@gmail.com

    Peminjam DATA S

    1) Nama Lengkap: ............................................. ..........
    2) Panjang: .............................................. .............
    3) Alamat: .............................................. ............
    4) Negara: .............................................. ................
    5) Sex: .............................................. ..................
    6) Status perkawinan: ............................................. ....
    7) Pekerjaan: .............................................. .......
    8) Nomor Telepon: ............................................. ...
    9) posisi Saat ini di tempat kerja: .....................
    10) Pendapatan Bulanan: .............................................
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....................................
    12) Duration: .............................................. ..
    13) Tujuan Pinjaman: ............................................
    14) Agama: .............................................. ..........
    15) Apakah Anda pernah diterapkan sebelumnya ....................

    Terima kasih,
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)
    Ibu Lucy smith

    ReplyDelete
  3. Baru Pinjaman Penawaran !
    Ini adalah kesempatan baru lagi, apakah Anda secara finansial turun? Apakah bisnis Anda menangis demi kebangunan rohani, apakah Anda mencari pinjaman di bank dan tangan pemberi pinjaman yang salah dan Anda di mana menolak? Tidak menemukan lagi, Kami adalah kreditur yang dapat diandalkan dan kami memprakarsai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan untuk mendapatkan hak istimewa untuk memungkinkan mereka membangun bisnis mereka sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami melalui email: gloryloanfirm@gmail.com dan isi formulir di bawah ini.

    DATA BORROWER
    1) Nama Lengkap: ......... 2) Negara: ...... 3) Alamat: ......... 4) Jenis Kelamin: ........ ..........
    5) Status Perkawinan: ... ..... 6) Pekerjaan: .......... 7) Nomor Telepon: .................. ......... 8) Saat ini posisi di tempat kerja: .... ............ 9) bulanan ...... ....... ............
    10) Durasi Pinjaman: ............... 11) Tujuan Pinjaman: ............... 12) Agama: ...... ......
    13) Tanggal lahir: ........................

    Mohon melamar perusahaan yang sah, kesuksesan Anda adalah tujuan kami.

    ReplyDelete
  4. Selamat siang semuanya !!! Nama saya Tn. Rashid Husaen dan saya dari Jawa Barat, Indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan ceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat senang mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya karena saya adalah satu ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika Saya mencoba mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak saya meminjamkan, mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan keadaan menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya
    Sampai saya melihat posting ibu Nyonya Maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji-janji palsu tetapi saya terkejut, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : (Mariaalexander818@gmail.com) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. siapa pun yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubungi Via


    email: (mariaalexander818@gmail.com)
    whatsapp: (+1 651-243-8090) Viber; (+1 651-243-8090)

    Anda dapat menghubungi saya Ny. Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

    Allah Maha Besar
    Terima kasih semuanya

    ReplyDelete
  5. Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah Anda memiliki kredit buruk? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman dengan suku bunga serendah 2%. 100% pembiayaan dengan dokumentasi minimal. Silakan email kami: {donnahallfundingllc@gmail.com} jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga kami dapat memberi Anda informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan pinjaman

    ReplyDelete
  6. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Meningkatkan Kreativitas

Teori Permintaan Uang Menurut Keynes

Pengertian Valuta Asing dan Risiko Valuta Asing